Pages

Sunday 28 October 2012

Pengajian Warga pekerja Indonesia Gombak

Perjalanan Pengajian warga TKI I


Pengajian Mbak Ning 

Seperti biasa Hari Minggu ini, adalah waktuku untuk menyibukan diri dengan aktivitas yang berhubungan dengan hobi photo. Rencananya tentunya pergi ke Genting Highland untuk mengambil photo2 burung, namun kali ini bukan ke Awana Genting Highland tempat baru tersebut yang disebut dengan Gunung Ulu Kali - kurang lebih 56 km dari Kuala Lumpur seperti yang semalaman aku pelajari   via internent.

Sudah kubayangkan banyak burung baru yang akan aku temukan .... however,  hari Minngu setelah Shalat Subuh  berjamaah pagi di mesjid Usamah Bin Zaid - aku merasa ada sesuatu yang menurutku berlebihan terhadap hobby  fotoku ini, yang bisa menjadi haram terlebih karena aku mengorbankan  waktuku bersama keluarga dan juga ke pada kaum kerabatku di KL yang biasa aku sanjangi demi mempererat tali silaturahmi dan ukuwuah Islamiyah. 

Mbak Ning - Komitmen untuk berdakwah
di lingkungan TKI binaanya sungguh
membuat iri hati ku dalam ibadahnya.  
Nah, sesudah datang dari mesjid pagi itu aku bertanya ke isteriku  tersayang,  jika sekirannya isteriku ada rencana pagi ini....  Dan isteriku menjawab: " Ada mas aku pengen ke Pengajian nya Mbak Ning ... kalau mas Yogi mau hunting ya silahkan aja, tapi tolong mobilnya kalau bisa aku pakai sebelum jam 9 pagi .... ". " Pengajian Mbak Ning itu apa ya dik? " aku bertanya kembali" biasa sang suami selalu ketinggalan informasi... 
Dengan penuh kasih sayang nya isteriku dik Lies merespon: " kita perlu irihati dengan Mbak Ning mas .... dalam ibadahnya. Pengajian Mbak Ning adalah pengajian yang dirintis oleh Mbak Ning terhadap orang2 pekerja TKI di Gombak. Mbak Ning secara konsisten telah membina pengajian seperti ini kalau nggak salah sudah satu tahunan". Dik Lies meneruskan: " Mbak Ning telah berjuang dengan hartanya mas .... Sebagai contoh hari ini, selain memotivasi pengajian ini untuk para TKI, daging Sapi kurban yang diperuntukan ke Mbak Ning dari panitya Qurban untuk keluarganya, semuanya beliau masak  dan  dijadikan konsumsi bagi 50 orang TKI di Gombak "  Luar biasa, sungguh aku malu, bagaikan langit dan bumi kalau dibandingkan dengan diriku yang memilih untuk mengambil foto burung, which is only for fulfill my only ambition, dan dibanding Mbak Ning untuk keluarga dan umat Islam ....

RASULULLAH SAW bersabda yang bermaksud: “Tidak boleh iri hati melainkan dalam dua perkara iaitu seseorang yang telah dikurniakan Allah SWT harta lalu dibelanjakan hartanya itu ke jalan yang benar (yang diredai oleh Allah SWT) dan orang yang dikurniakan oleh Allah SWT ilmu pengetahuan, lalu ia mengeluarkan sesuatu hukum berpandukan ilmunya (al-Quran dan hadis) serta diajarkannya pula kepada orang lain.” (Hadis riwayat al-Bukhari) 
Islam melarang umatnya berperasaan hasad dengki dan iri hati melainkan kepada perkara yang boleh mendatangkan kebaikan saja. 

Islam melarang umatnya berperasaan cemburu buta dan iri hati terhadap sesama manusia, melainkan dalam dua perkara iaitu iri hati terhadap orang yang beramal dengan ilmu yang dipelajarinya serta mengajarkannya kepada orang lain serta mereka yang dikurniakan harta dan membelanjakan di jalan diredai Allah SWT. 


Akhirnya aku  mengurungkan niat foto2 hari ini, dan berjanji aku akan mengajak keluarga bersama ikut pengajian mbak Ning di Gombak. Pengajian kali ini dilaksanakan  ditempat nya mbak Eti rumahnya di Gombak ...






No comments: