Pages

Wednesday 12 June 2013

Sumur air bagi warga Muslim Selamo NTT

Email dari pak Waris 22 Mei 2013
Assalamu'alaikum 

Yth. Bapak YOGI, IBU GEULIS sekeluarga, khifdzakumullah

Kami selalu berdoa semoga hidayah dan pertolongan Allah SWT selalu menyertai, bersama limpahan rizkiNya yang luas dan barokah untuk Bapak sekeluarga khusuanya dan jamaah semuanya.

GUNUNG MERBABU
Sekilas info, untuk Gerak kami di Gunung Merbabu, Alhamdulillah kami sudah masuk ke Dusun Sepi, Jrakah wilayah Kabupaten Boyolali yang berada di lereng Gunung Nerapi. Kami mendapati pengakuan warga Muslim di dusun tsb, bahwa mereka jadi Musllim setelah erupsi gunung Merapi pada 2010 lalu. Kini mereka sedang membangun Masjid yang baru tahap kerangka bangunan, genteng sudah beli walau pun genteng bekas, maksudnya agar segera punya tempat beribadah dan membina umat. Namun foto nya belum bisa dikirim via email ini, Insya Allah kemarin sdh kami MMS kepada Bapak, karena kami belum punya peralatan yang memadai untuk kelengkapan gerak Dakwah di pelosok. Di dusun ini mau didirikan gereja, namun umat kita walau belum paham Islam, juga blm taat ibadah,mereka menolak keras-keras atas ide mau dibangunnya gereja!


TEMANGGUNG
Untuk Temanggung, Insya Allah pada 2 Juni 2013 kami buat training Guru Ngaji untuk wilayah Kandangan, Kaloran, Kranggan dan Temangung yang keristenisasi dan misi Budha berjalan aktif ditengah ketidakpedulian umat dan Ulama serta pekjabat Muslim-nya, Insya Allah hadirkan Ustadz HM Budiyanto, Direktur AMM Kotagede jogjakarta dan trainer nasional metode IQRO, yang sejak tahun 2005 sudah telaten dan sabar membantu kami membina SDM Guruy ngaji di pelosok Temanggung, Wonosobo, Gunungkidul DIY bahkan sampai lereng Gunung Kawi Blitar Jatim, yang waktu itu hanya tidur dihamparan lantai dan kaki kami dirambati kalajengking!

Insya Allah kami gelar Training manajemen masjid di Kec.Ngadirejo, yang ada Air Suci Waisyak-nya Umat Budha. Kami harius menggugah para pengurus Masjid untuk berupaya mnaksimal mendidik umat dan perangkat masjid menjadi aktif, mau berkorban demi dirinya berIslam yang benar2 taat dan masjid punya hirarki kepemimpinanm yang kuat, bukan sekedar gembar-gembor pamer okol/otot tapi kurang akal! sepoerti yang selama ini selalu terjadi. Yang akan hadir adalah Ustadz Muhammad Jazir ASP, staf ahli Gubernur DIY.


NTT
Untuk perluasan misi Belajar Dakwah ke NTT, Alhamdulillah warga Pulau Kera kini sudah punya madrasah, yang sebenarnya madrasah gubuk reot itu sudah lama diperintah mau dibongkar paksa tetapi oleh tokoh Muslimin Pulau Kera,Bpk Nasseng Rabana dijawab= SIlahkan bonghkar masjid dan madrasah kami, mungkin diantara kami  Muslimin Pulau Kera harus mati dulu.
Jawaban itu membuat takut Bupati Kupang, shingga akhirnya masjid dan madrasah itu kini tetap utuh. Bahkan anak-anak murid Madrasah Rijalul Ghadd, pun akan ujian persamaan Pekt A setara SD/MI.

Untuk rencana pengeboran sumur air bagi warga Muslim Selamo NTT, insya Allah Pak Syafii dan timnya dari SUmber tirta Alam siap bekerja keras hanya dengan harga borong Rp. 75,2 juta kita terima bersih air mengalir. Beliau bertanggungjawab jika sampai harus mengulang pengeboran, harga itu sudah relatif murah karena ditempat lain beliau minta RP. 100juta s.d 120 juta. Mengingat untuk Masjid dan agar 1875 Muslim Selamo mampu menghemat uang untuk beli air.

Bisa dibayangkan, jika setiap hari mereka harus beli air kepada pemilik sumur yang semuanya orang kristen, Rp. 32000, x 525 KK x 30hari x 12 bulan, maka uang sejumlah Rp.; 6.048.000.000, habis terkuras sekedar untuk membeli air buat makan, minum, mandi dan cuci. Padahal mayoritas penduduk selamo adalah faqir dan miskin yang hanya mengadu nasib di laut.

Tambahan Redaksi dari saya sendiri, berikut link beberapa surat permohonan dari pak Waris dan cerita tentang Ustadz Robith terus berjuang walaupun tanpa listrik dan air, dan yang berminat membantu ...

  1. Surat permohonan Yayasan Peduli Umat dari pak Waris 
  2. Surat permohonan Yayasan Peduli Umat dari pak Waris ke PUSHAMI - PUSAT HAM ISLAM 
  3. Surat Permohanan ke Badan Dakwah Islam dari pak Waris
  4. Ustadz Robith terus berjuang walaupun tanpa listrik dan air 
  5. Bagi yang berminat membantu? silahkan Langsung kirim ke rekening pak Waris  atau alternatif  secara kolektif melalui saya ke pak Waris rekening saya di CIMB atas nama Hadijanto Jogi Basoeki  14300067499523


GUNUNG TENGGER
Kang Didin, dai kita di Gunung Tengger lumajang jatim, alhamdullillah jum'at kemarin sdh berhasil membawa pulang bayi dan istrinya dari RSU Bhayangkara Lumajang, setelah operasi caesar. Kami gotong royong nebus biaya Rumah Sakit Rp. 7,8 juta.

Demikian info pagi ini, semoga Bapak tidak jemu membaca-nya dan bahkan mengajak para kerabat dan rekan yang berkenan peduli pada nasib Umat Islam yang terpinggirkan. Kami haturkan terima kasih jazakumullah ahsanal jazaa atas perhatian dan bantuan Bapak sekeluarga.

Barokallohu Fiikum Waahliikum Waamwaalikum.

Atas nama rekan-rekan para Da'i di Kupang, Temanggung dan gunung Tengger, kami mohon dengan sangat bantuan Pak Jogi untuk meneruskan kepada jamaah IATMI dan Muslim KL. Maafkan kam i jika belum mampu bekerja dengan maksimal, namun inilah yang sudah sekuat tenaga kami laksanakan dengan dorongan
 doa, semangat dan bantuan yang bapak dan Ibu alirkan guna gerak kami dipelosok nusantara.

Salam dan hormat kami

Waris fakhruddin dkk.


No comments: